rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Demokrasi Dalam "KAMUS" Islam


Perdebatan seputar syariat Islam hingga kini masih sering  mencuat ke permukaan berkenaan dengan upaya-upaya demokratisasi di pelbagai negara Muslim, termasuk di Indonesia. Satu pertanyaan yang sering terlontarkan adalah:

"apakah mungkin meneggakkan demokrasi atas dasar Islam?"

Pentingnya "Kemerdekaan Berpikir" dalam Pendidikan



TULISAN S.N. Ratmana yang berjudul Pendidikan Kita Bikin Sesak Napas? (Kompas, 2/10/1996), sangat menarik untuk dibicarakan dan didiskusikan. Penulis begitu merisaukan dunia pendidikan di Indonesia (kini) yang seakan sudah tidak diketahui arah dan tujuannya. Di lain pihak kita begitu mendambakan lahirnya anak didik yang berprestasi dan bernilai baik, tetapi di lain pihak kita sendiri mengabaikan norma-norma dasar pendidikan (pedagogik) yang semestinya, yakni pendidikan yang didasarkan atas penjiwaan dan naluri nurani anak didik sendiri.
Dalam tulisan ini saya mencoba untuk sekadar menambah atau mempertajam kegelisahan apa yang telah dipaparkan oleh S.N. Ratmana. Dan menurut pandangan saya, dunia pendidikan kita sekarang bukan saja sudah "terjangkit" penyakit sesak napas, tetapi sudah (mungkin) lebih menjurus pada stadium penurunan mutu pendidikan.

Benang Kusut Pendidikan



JIKA direnungkan, lama-lama kekusutan permasalahan pendidikan di Tanah Air ini ibarat pasien yang mengalami komplikasi. Gawatnya lagi, di samping permasalahan kronis yang tidak kunjung tertangani, seperti pengelolaan ketenagaan yang kurang hirau efisiensi dan efektivitas, serta masalah mutu guru yang akarnya merambah dari hilir ke hulu sehingga tidak mungkin dibenahi hanya melalui pembinaan dalam-jabatan, juga bermunculan faktor-faktor risiko baru berupa pilihan kebijakan yang kontraproduktif.

PRIBADI SEHAT DAN KUAT

Narkoba adalah istilah yang sangat sering kita dengar dalam kehidupan, media massa, media elektronik. bahkan jika kita tidak waspada narkoba bisa meracuni kehidupan keluarga terdekat kita, baik itu suami, istri, anak, saudara bahkan narkoba juga merambah sampai orang tua.
Indonesia merupakan wilayah strategis bagi perdagangan dunia, bahkan bagi peredaran narkoba indonesia ibarat "jalur sutra" untuk menyebarkan barang yang bisa merusak generasi muda dunia, kusus nya indonesia. untuk itu bagi seluruh masyarakat dan orang tua indonesia agar "memenjarakan" anak dan orang-orang terdekat nya dari narkoba.

Pahlawan Bagi Masyarakat Indonesia

Sebagaimana biasanya setiap tanggal 10 November bangsa Indonesia merayakan Hari Pahlawan. Momentum perayaan ini tentunya bukan hanya sekedar hadiah, melainkan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa, raga dan hartanya untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan. Bila kita menengok sejarah masa lalu, perjuangan para pahlawan dalam mengusir penjajah di bumi pertiwi ini, tidak bisa dibayar dalam bentuk apapun.Mereka rela bertempur mati-matian di medan perang , dan tak pernah gentar meski nyawa menjadi taruhannya.Maka dari itu, kita wajib menundukkan kepala untuk mengenang jasa-jasa mereka saat hari pahlawan 10 November ini.

Refleksi Tahun Baru Hijriah

Tidak terasa, bulan demi bulan, tahun demi tahun berlalu. Kita kembali memasuki bulan Muharram, menandai datangnya kembali tahun yang baru. Tidak seperti ketika datang Tahun Baru Masehi yang disambut dengan penuh semarak oleh masyarakat, Tahun Baru Hijrah disikapi oleh masyarakat kita biasa-biasa saja.
Memang, Tahun Baru Hijrah tidak perlu disambut dengan kemeriahan pesta. Namun demikian, sangatlah penting jika Tahun Baru Hijrah dijadikan sebagai momentum untuk merenungkan kembali kita saat ini. Tidak lain karena peristiwa Hijrah Nabi saw. sebetulnya lebih menggambarkan momentum perubahan masyarakat ketimbang perubahan secara individual. Peristiwa Hijrah Nabi saw. tidak lain merupakan peristiwa yang menandai perubahan masyarakat Jahiliyah saat itu menjadi masyarakat Islam. Inilah sebetulnya makna terpenting dari peristiwa Hijrah Nabi saw.

Komentar mu