rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Negative dan Black Campaign?

Tolong bedakan antara Black Campaign dan Negative Campaign, karena keduanya tidak sama.

Black Campaign menyangkut semua kampanye busuk/buruk yang sebenarnya menyalahi norma dan cenderung tidak benar untuk dilakukan. Misalnya menciptakan berita bohong tentang pihak-pihak tertentu yang tidak bisa dibuktikan dengan benar.
Sedangkan Negative campaign lebih cenderung pada kampanye negatif, di mana berita-berita negatif tentang satu atau sekelompok pihak tertentu diedarkan untuk menanamkan opini tentang mereka.

Namun negative campaign cenderung merupakan fakta dan ada bukti yang bisa dipertanggungjawabkan yang isinya memang tentang kekurangan atau keburukan dari pihak yang diberitakan.
Sebetulnya saya agak gerah akhir-akhir ini karena banyaknya berita buruk/negative atau bahkan berita dusta yang disampaikan tentang dua orang calon yang dikenal akan maju menjadi capres tahun ini. Akan tetapi letak ketidak setujuan saya lebih kepada cara penyampaiannya yang rasa-rasanya tidak gagah untuk ukuran mahasiswa. Patut dicatat bahwa pengedar berita baik Black Campaign ataupun Negative Campaign yang saya perhatikan umumnya adalah kalangan aktivis dan sebagian besar masih menyandang status mahasiswa. Namun bisakah melakukan penyampaian dengan cara yang lebih elegan ?
Penyampaian berita negative pada seseorang atau pada sekelompok orang cenderung akan membangun tabiat negatif pada orang yang bersangkutan. Itulah kenapa, boleh jadi kita yang setiap pagi disuguhi dengan berita negative dari channel berita nasional, akan cenderung tumbuh sebagai pribadi yang pesimistik. Oh no!.
Saran saya adalah, jika memang ingin berkampanye, maka lakukanlah dengan cara yang elegan. Tetu saja berbicara kepada masyarakat dengan strata sosial dan tingkat pendidikan yang berbeda-beda membutuhkan keahlian, maka konsekuensinya, tidak semua orang harus berbicara.
Jika anda pandai berbicara, maka bersuaralah dengan elegan. Dengan kata-kata positif yang membangun. Lalu lempar kata-kata anda pada khalayak ramai, Publik, atau pada person tertentu yang ditokohkan, yang diterima atau didengar suaranya oleh masyarakat besar yang awam.
Namun jika anda pandai menyuarakan opini anda dengan menulis, maka menulislah. Sampaikan opini anda melalui tulisan yang berpeluang dibaca pada forum publik. Dengan kalimat-kalimat positif yang membangun, sopan meskipun mengandung muatan untuk lebih cenderung pada calon tertentu.
Lagipula, apa tidak lelah membicarakan keburukan orang ? Maka Belajarlah untuk berfikir positif tentang segala hal..

Wallahul Muwafieq Ilaa aqwamittharieq
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar mu